News Published 04 June 2014
 
 
selamat pagi , assalamualaikum juragan.
semoga pagi yang indah ini kita semua diberi keselamatan dan kesejahteraan, aamiin.
 
akhir - akhir ini banyak sekali konsumen tidak mengetahui persis istilah dalam jual beli online.
mungkin karena pembeli via internet sudah marak jadi banyak calon2 konsumen yang baru sehingga tidak mempunyai pengetahuan yang cukup. Rata - rata yang bertanya tentang teknis begini adalah orang tua ataupun remaja, hanya sebagian saja tidak semuanya seperti itu.
 
Istilah pertama :
1. COD (Cash on Delivery) istilah yang diambil dari FJB kaskus yang artinya bertransaksi jual beli secara cash dan ketemuan di suatu tempat (biasanya di tengah - tengah antara pembeli dan penjual) tetapi pembeli sebelumnya sudah sepakat akan membeli barang tersebut. Jadi, tidak ada istilah pembeli membatalkan transaksi tersebut saat COD kecuali kalau barang yang dijual betul - betul tidak sesuai gambar dan deskripsi iklan yang tertera.
 
Kesalahpahaman yang terjadi :
 
> Lihat barang saat pas COD kalau cocok dibeli kalau ga cocok ga jadi.
(COD itu harus dibeli, kalaupun tidak jadi karena betul - betul tidak sesuai) jadi intinya COD tidak bisa lihat - lihat kayak ga niat, dulu ada juga pembeli macam begini bilang COD pas ketemuan malah batal pembelian karena pengen lihat - lihat dulu.
 
>JAM KARET !
Sudah kebiasaan orang - orang kita kalau janji suka telat, begitu pula saat COD saya sering dikerjai sama calon konsumen yang telat sampe 1jam malah ada yang ga datang. Makanya suka ada aturan pada saat COD kalau telat 15 menit baik dari pihak penjual / pembeli langsung membatalkan janji COD.
 
>Uang Kurang a.k.a ngutang a.k.a Kasbon a.k.a Kredit
Begini memang uniknya berjualan online terkadang pada saat COD ada yang ngasih uangnya kurang bilang ga ada uang lagi, malah ada juga yang minta kredit padahal sebelum COD bilang mau beli.

>Diantar ke Rumah
COD itu berbeda pengertian dengan diantar di rumah, kalaupun ingin diantar ke rumah memang harus ada kesepakatan terlebih dahulu. tapi biasanya penjual online memakai jasa paketan macam TIKI / JNE / POS dll untuk paketan diantar ke rumah.

>Dadakan !
banyak yang minta COD saat ini juga, ya betul detik ini juga. Kejadian seperti ini sering saya alami, bahkan waktu perjalanan menuju ke tempat COD +/- 10 menit pun calon pembeli gamau , entah apa yang dipikirkan orang minta COD detik ini juga.
 
Istilah Kedua :
2. "Gan" kependekan kata dari juragan yang maksudnya memanggil secara hormat dan halus.hehe
 
Istilah Ketiga :
3. Harga Net a.k.a Harga Pas a.k.a No Nego
seperti barang yang saya jual semuanya harga Pas/Net/No nego karena memang pada dasarnya yang jualan online untungnya ga banyak dan lebih murah dari toko karena penjual online ga sewa tempat, gaji pegawai dll sehingga cost untuk hal2 seperti itu ga ada.
cuma kelemahan penjual online biasanya tidak memiliki toko, kalau menerima COD terbentur waktu, kalau kirim2 konsumen suka gamau, kalau konsumen cuma liat2 penjual online gamau (soalnya udah komplit juga ada foto sama deskripsi di iklan).
 
Begitu barangkali sedikit istilah jual beli online yang saya tahu dan beberapa problem yang muncul, memang tidak mudah untuk jual beli harus semuanya senang, penjual senang, pembeli senang. Tapi semoga Indonesia ke depannya bisa lebih terbiasa dalam jual beli online serta bebas penipuan dan pedagang yang ga jujur, aamiin.