By Gilang  Article Published 13 October 2014
 
 Lanjut part II, sebelumnya baca dulu Part I biar agak nyambung.
 
kita lanjut langsung ke poin kedua.
 
2. Ada yang bilang jika neck gitar akustik yang memakai truss rod (khususnya) jika melenting bisa disetel lagi (tidak selalu)
 
Nah ini problem besar, anda beli gitar bagus + mahal yang ada truss rod pas nasib apes neck melenting dan anda berharap untuk menyetel trus rod akan kembali normal (tidak 100% normal tapi bisa lah 85%). ternyata setelah disetel neck tetep aja kacau a.k.a kalau main melodi ada jarak agak jauh, atau mencet senar mesti dalem bin tegang senarnya.
 
kalau yang begini sih namanya "human error". bukan anda yang salah, bukan yang dagang yang salah, bukan perusahaan bikin gitar yang salah, yang salah tukang nyerut kayu neck .hehe.
 
ini pengalaman yang sangat berharga yang saya dapatkan, ada gitar melenting padahal ada trus rod, loh pas trus rod disetel kok neck ga normal - normal. ternyata setelah diselidiki memang bawaan "orok"nya itu neck memang ga center alias nyerut kayu neck ada yang terlalu dalam di bagian tertentu. yah ini biasanya kerjaan nyerut kayu handmade asal, ngejar cepet selesai. kalau cerita pabrikan ada kasus begini sih keterlaluan orang mereka nyerut pake mesin CNC sudah jelas serutan "mestinya" rata dari fret 1 - ujung fret. eits tapi ga selalu yang home made dengan "tools" konvensional ga bagus / ga rapih, ada kok yang pake "tools" konvensional tapi kerjaan super rapih. siapa? gatau, ane sih ga pernah nemu.hehehe. 
 
Kalau dulu liat teman handmade gitar sih, necknya nyomot merk apa, body nyomot merk apa, ntar tinggal di "combine" pake pick up apa, fretnya apa. dlyer apa, dll, kalau model begini si dijamin bisa rapih (istilahnya tinggal ngerakit). tapi ada juga yang handmade total, bener - bener bikin aja sendiri dari awal pake tangan, nah yang model beginian memang harus dilihat cara kerjanya bener - bener raph atau asal - asalan. kalau hand made harga murah kan ga rapih dikit masih bisa dimaafkan.hehe. kalau udah handmade terus ga rapih terus mahal, ampun deh.
 
cukup sekian, nanti kita lanjutkan lagi.


Related Article